BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

PNUP Gelar Pameran Foto B. J. Habibie
Diposting: Rabu, 26 Oct 2016

Kisah perjalanan hidup Presiden R. I. ke-3, Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, memang selalu menarik untuk diulas baik itu dalam bentuk buku, film, maupun foto. Banyak kisah cerita yang lahir dari berbagai pengalaman hidup yang telah dilalui B. J. Habibie dalam bentuk foto yang sayang jika hanya disimpan saja. Untuk itu,  perpustakaan B. J. Habibie Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar pameran foto B. J. Habibie yang dibuka oleh Direktur PNUP pada Rabu, 26 Oktober 2016. Pameran foto yang akan berlangsung hingga 28 Oktober terselenggara atas kerja sama PNUP dengan The Habibie Centre Jakarta.

“Koleksi foto perjalanan hidup B. J. Habibie dapat dijadikan sebagai  salah satu bahan pustaka yang dapat dilihat dan dikenang oleh para mahasiswa sekarang agar mereka juga tahu kalau Indonesia memiliki orang sehebat beliau. Banyak nilai-nilai moral dan inspirasi yang dapat dicontoh dalam kehidupan B. J. Habibie yang telah menginjak usia 80 tahun”, demikian salah satu hal yang disampaikan Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah yusuf, M.S.  dalam sambutannya saat membuka pameran foto B. J. Habibie di hadapan para sivitas akademika PNUP beserta beberapa tamu undangan lainnya.

Menurut Salmubi, S. Sos, S.S., M.I.M., selaku ketua panitia pameran yang juga merupakan Kepala UPT Perpustakaan B. J. Habibie PNUP bahwa pelaksanaan pameran foto B. J. Habibie oleh perpustakaan B. J. Habibie PNUP sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan perjalanan hidup B. J. Habibie kepada masyarakat luas. Diharapakan melalui kegiatan tersebut dapat memberikan inspirasi tentang nilai-nilai kehidupan, perjuangan, cinta, semangat, serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Ditambahkan lagi olehnya bahwa pameran foto ini merupakan pameran foto pertama B. J. Habibie di Kota Makassar. Dipilihnya PNUP juga tidak terlepas dari kedekatan emosional antara B.J. Habibie dengan segenap sivitas akademika PNUP yang telah mengabadikan namanya menjadi nama perpustakaan di PNUP.

Di kesempatan yang sama, Andi Makmur Makka selaku Sekretaris The Habibie Centre Jakarta dan juga kurator foto-foto B. J. Habibie mengungkapkan bahwa pameran foto kali ini tidak menampilkan foto-foto formal seorang B.J. Habibie sebagai pejabat negara, tetapi yang ditampilkan adalah foto-foto B. J. Habibie sebagai manusia biasa mulai dari masa kecil di Parepare, kuliah di Bandung dan di Aachen Jerman, menikah, merintis karier di industri dirgantara Jerman, menjadi Menteri Riset dan Teknologi serta Presiden R. I. ke- 3 hingga saat terakhir menjelang ditinggal istrinya.  Semua foto yang dipamerkan mengandung nilai realisme yang banyak bersumber pada biografi B.J. habibie.

Pameran foto B. J. Habibie yang digelar di PNUP  mengusung tema “ B. J. Habibie Pulang Kampung” menampilkan 65 foto yang sebagian telah dipamerkan dalam rangkaian festival perayaan 80 tahun B. J. Habibie pada Juni 2016 lalu di Museum Nasional Jakarta serta di Museum Bank Mandiri Jakarta Kota selama 30 hari. Pameran foto ini tidak hanya terbatas untuk kalangan mahasiswa PNUP, tetapi  terbuka juga untuk masyarakat umum Kota Makassar dan sekitarnya yang ingin mengetahui lebih dekat perjalanan B. J. Habibie melalui bingkai foto.

0 Komentar
Tidak ada komentar untuk berita ini.
Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On