BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

Mahasiswa PNUP Antusias Ikut Kuliah Umum, Sosialisasi, dan Rekruitmen PKL dan Tugas Akhir
Diposting: Jumat, 06 Jan 2017

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bekerja sama dengan PT Bumi Mineral Sulawesi  (Kalla Smelter) mengadakan acara Kuliah Umum, Sosialisasi, dan Rekruitmen Program Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir di gedung aula lantai 3 Kampus I PNUP, Jumat (6-1). Acara yang digagas oleh Unit Center of Technology dan Unit Career Center and Tracer Study PNUP  dihadiri sebanyak 417 mahasiswa PNUP. Jumlah tersebut terbilang banyak mengingat saat ini mahasiswa PNUP masih libur persiapan ujian akhir semester gasal.

Kepala Center of Technology PNUP, Ir. Muas, M., M.T., mengatakan bahwa acara ini sengaja digagas guna memberi pengetahuan kepada para mahasiswa semester akhir dari program studi Diploma 3 dan S1 Terapan semua jurusan yang sebentar lagi harus menjalani PKL sebagai salah satu salah kegiatan intrakurikuler dalam sistem perkuliahan di  PNUP. PKL menjadi bagian yang terintegrasi dalam kurikulum hamper seluruh program studi yang ada di PNUP sehingga menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Melalui PKL,  mahasiswa berkesempatan langsung mengimplementasikan ilmu dan teori yang didapatkan dari perkuliahan ke dalam situasi kerja yang sebenarnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Ir. Ma’rifat Pawellangi selaku Projet Manager Kalla Smelter, dalam kuliah umumnya mengatakan bahwa saat ini proyek yang dipimpinnya tengah membutuhkan karyawan dalam jumlah banyak dari berbagai disiplin ilmu terkait guna membangun dan mengembangkan pengolahan mineral yang berada di Bua, Kabupaten Luwu. Untuk itu, sebelum menerima karyawan sesuai spesifikasi yang diperlukan, Kalla Smelter memberi kesempatan kepada mahasiswa semester akhir untuk melakukan PKL sebagai salah satu bentuk orientasi lapangan dan pekerjaan sehingga bila memenuhi persyaratn dapat diterima menjadi karyawan.  Pihaknya sengaja menggandeng PNUP yang berbasis vokasi sebab semua program studi yang diterapkan di PNUP diarahkan secara relevan sesuai kebutuhan industri yang diperlukan termasuk Kalla Smelter. 

Selain dengan Kalla Smelter, saat ini PNUP  menjalin kerja sama pelaksanaan PKL dengan berbagai industri/perusahaan/institusi. Kerja sama tersebut mampu melahirkan sinergi yang saling menguntungkan sebab dapat dijadikan sebagai semacam indikator bagi kedua belah pihak. Bagi PNUP, pelaksanaan PKL dapat menjadi acuan perkembangan tentang  sistem atau teknologi seperti apa yang tengah berkembang sehingga dapat dijadikan dasar referensi bagi revisi kurikulum yang sudah tidak sesuai. Di sisi lain, bagi industri/ perusahaan/institusi yang dapat memperoleh gambaran tentang kualifikasi mahasiswa  PNUP sebagai salah satu dasar pertimbangan  rekruitmen tenaga kerja.

2 Komentar
Akmal

Assalami alaikum. Kak berapa jurusan ini dipilih kalau mauki mendaftar

mursalin dahlan

Tetap lancarkan postingan tentang PNUP bro.

Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On