BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

Inovasi Karya Mahasiswa PNUP di Ritech Expo 2017
Diposting: Selasa, 15 Aug 2017

PNUP mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan hasil karya mahasiswanya dalam acara Riset, Inovasi dan Technology (Ritech Expo 2017), yang di gelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tanggal 10-13 Agustus di Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI). Ritech Expo merupakan sebuah pameran tahunan yang diinisiasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi anak – anak bangsa dalam bidang teknologi baik itu dari perguruan tinggi, lembaga riset, dan industri - industri lainnya. Suasana pameran yang baru saja dibuka siang ini oleh Wapres Jusuf Kalla cukup ramai dengan para pengunjung yang memadati 172 booth dari 72 instansi yang berpartisipasi. 

Didampingi Ketua Tim yang juga Penanggung Jawab Grup Riset PNUP, Centre of Mechatronis and Control Systems (CMCS) dan Ketua Program Studi Mekatronika PNUP, Dr.Eng. Abdul Kadir Muhammad, S.T.,M.Eng., bersama mahasiswa, menampilkan beberapa hasil karya mahasiswa PNUP diantaranya, motor listrik sampah, Cleaning Robot, Kapal Cepat Sea Wolf, Prototipe Robot Industri, Robot Rehabilitasi Lengan untuk membantu terapi penyakit stroke dan Robot Seni Tari yang baru-baru ini meraih juara 1 Kontes Robot Indonesia Regional, di Bandung.

Salah satu karya mahasiswa Mekatronika PNUP, Motor Listrik Sampah, menjadi perhatian tersendiri di Ritech Expo 2017. Motor sampah listrik ini mampu membawa sampah yang bebannya bisa mencapai 60 kilogram dan motor tersebut bisa berlari hingga 60km/jam, dengan baterai aki Kering berkuatan 48 Volt sebagai penggerak mesin. "kehadiran motor listrik tersebut untuk membantu Pemerintah Kota Makassar menyisir sampah di gang-gang kecil yang tidak mungkin bisa dilalui oleh truk sampah", Ujar Ketua Tim, Dr.Eng. Abdul Kadir Muhammad, S.T.,M.Eng. “Di Makassar saat ini truk sampah tidak bisa memasuki gang-gang kecil sehingga Pemerintah Kota menggunakan sepeda motor untuk mengangkut sampah, cuma sayangnya ini polusinya besar sekali, terutama asap, karena motor itu menggunakan minyak dan kedua suaranya besar, nah untuk menanggulangi polusi itu maka dibuatlah motor listrik sampah,” tambahnya.

Sumber : Motor Listrik Sampah Siap Bersihkan Kota

1 Komentar
Wiranto

Maju terus kampus hitam tunjukkan prestasimu

Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On