BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

BI Corner Hadir di Perpustakaan PNUP
Diposting: Rabu, 11 Oct 2017

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulsel membuka BI Corner di kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Peresmian BI Corner yang bertempat di dalam ruang perpustakaan B. J. Habibie PNUP itu ditandai dengan pemotongan pita bersama oleh Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel, Bambang Kusmiarso, Rabu (11/10). Turut hadir dalam  peresmian BI Corner Kepala Group KPW BI Provinsi Sulsel dan rombongan serta para pejabat lingkup PNUP.

Dalam kata sambutannya, Direktur PNUP menyampaikan ucapan terima kasih kepada BI Perwakilan Provinsi Sulsel atas terpilihnya PNUP sebagai salah satu kampus yang diberi fasilitas BI Corner. Kehadirannya tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen PNUP khususnya dari jurusan akuntansi untuk lebih memahami tentang kehidupan perekonomian Indonesia melalui sarana pustaka baik cetak maupun online yang berhubungan dengan dunia perbankan. Ditambahkan lagi olehnya bahwa segala fasilitas yang terdapat di BI Corner harus dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin.

Sementara itu menurut Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel, Bambang Kusmiarso, BI Corner merupakan pojok baca yang diberikan BI melalui program  Corporate Social Responsibilty bertajuk ‘Indonesia Cerdas’ untuk memberikan edukasi  kepada masyarakat. BI Corner bertujuan untuk memberikan akses dan perolehan informasi atau literatur terkini yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, terutama di bidang ekonomi dan keuangan, mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat penerima manfaat BI Corner akan tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian Indonesia, serta menciptakan komunitas berliterasi keuangan dan generasi yang gemar membaca. Sasaran penempatan BI Corner di berbagai perguruan tinggi se-Indonesia termasuk PNUP karena dipandang sebagai lokasi yang paling strategis untuk menginformasikan mengenai ekonomi dan perbankan serta fungsi yang diperankan oleh BI sebagai bank sentral di Republik Indonesia.

Salmubi, S. Sos, S.S., M.I.M., selaku Kepala Perpustakaan B. J. Habibie PNUP mengharapkan dengan adanya BI Corner ini dapat meningkatkan minat baca dan pengetahuan mahasiswa khususnya literatur bertema perekonomian, keuangan dan perbankan. Melalui BI Corner mahasiswa PNUP dapat langsung mengakses berbagai informasi secara online seputar berbagai isu dan peran BI terkait perekonomian Indonesia sehingga menjadi semacam tempat untuk mengakses jendela dunia.  Komponen BI Corner yang diterima perpustakaan B. J. Habibie adalah berupa penyediaan buku teks dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, rak buku, personal computer, penyejuk ruangan, layar LED, standing lamp, karpet, sofa, dan meja.  Usai peresmian BI Corner, acara dilanjutkan dengan kuliah umum kebanksentralan yang dihadiri sekitar 400 mahasiswa  dari jurusan akuntansi beserta para dosen.

Perpustakaan PNUP mengambil nama mantan Presiden B. J. Habibie untuk mengenang prasasti saat diresmikan yang ditandatangani langsung oleh Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie pada 20 Mei 2007. Perpustakaan B. J. Habibie PNUP selalu melakukan pemutakhiran koleksi buku yang relevan dengan program pendidikan dan pengajaran di PNUP dengan tetap berorientasi pada kebutuhan para pengguna. Sistem layanan perpustakaan B.J.Habibie PNUP antara lain berupa layanan penyediaan sumber-sumber informasi, layanan peminjaman koleksi, penyediakan layanan internet dan layanan lainnya. Sejak beberapa tahun terakhir ini, perpustakaan B.J. Habibie PNUP juga aktif mengalokasikan bantuan buku kepada 40 perpustakaan yang tersebar di kawasan Indonesia Timur yang terdiri dari 30 perpustakaan perguruan tinggi dan 10 perpustakaan yang tersebar di berbagai kabupaten.

0 Komentar
Tidak ada komentar untuk berita ini.
Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On