English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP & RESD Laksanakan TOT-PLTMH, Wadir I Rusdi Nur : Dukung Program D4 Spesialisasi Energi Terbarukan

02 Jul 2024 - 02:19 WITA · PUBLIC RELATION · 386

Perkembangan energi terbarukan di Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060.

 

Proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menyelenggarakan Pelatihan Trainer (ToT) Construction and Installation of Micro-Hydro Powerplants pada tanggal 1-12 Juli 2024 di Ruang Rapat Lantai 2 Kampus 1 PNUP, Tamalanrea, Makassar.

 

Proyek RESD merupakan kolaborasi antara Pemerintah Indonesia melalui BPSDM ESDM dan Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek serta Pemerintah Konfederasi Swiss.

 

Tujuan meluncurkan Program D4 Spesialisasi 1 Tahun Energi Terbarukan Bidang Solar, Hidro, dan Hybrid di 5 politeknik negeri percontohan dan 1 Politeknik pendukung energi terbarukan di Indonesia.

 

Sejak tahun 2021, proyek RESD telah menyelenggarakan serangkaian pelatihan ToT bagi para dosen politeknik dalam bidang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pelatihan ToT Construction and Installation of Micro-Hydro Powerplants ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya dan bertujuan untuk :

1) Meningkatkan kompetensi dosen dalam mempersiapkan penyelenggaraan mata kuliah terkait dengan pembangunan, pemasangan, operasi, dan pemeliharaan PLTMH.

2) Menyebarluaskan informasi kepada publik tentang Program D4 Spesialisasi 1 Tahun Energi Terbarukan Bidang Solar, Hidro, dan Hybrid dan para lulusannya.

 

Acara pembukaan TOT ini dihadiri oleh para pejabat secara daring dari  BPSDM ESDM, Ir Albertus Susetyo Edi Prabowo MSi.

"Kami berharap dukungan semua pihak untuk kegiatan ini". Ucapnya

 

Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek yang diwakili Direktur Akademik, Dr Beny Bandanadjaja ST MT terus mengupayakan adanya kolaborasi yang kuat antara pemerintah konfederasi Swiss, ditjen pendidikan vokasi, dan politeknik negeri percontohan termasuk PNUP.

"Mari bangun peran PTV melalui TOT dan lainnya". Ungkapnya

 

Direktur PNUP yang diwakili Wadir 1 bidang akademik, kemahasiswaan dan alumni, Rusdi Nur PhD berharap kepada peserta TOT untuk meningkatkan kompetensi di bidangnya masing-masing.

 

"Kita dukung sepenuhnya pelaksanaan TOT berlangsung di PNUP". Sambut Assoc profesor ini.

 

GFA Consulting Group lembaga pelaksana proyek RESD, Martin Stottele terus mengupayakan kerjasama di bidang energi terbarukan dengan politeknik negeri percontohan termasuk PNUP.

 

Narasumber pelatihan ini berasal dari :

1) Hydro Power Competency Center (HYCOM)

2) Swiss University of Applied Sciences (Swiss UAS)

 

Di akhir pembukaan Wadir I menekankan para dosen dapat meningkatkan kompetensinya dalam bidang PLTMH dan dapat menghasilkan lulusan D4 Energi Terbarukan yang kompeten dan siap bekerja di industri energi terbarukan.

"Poinnya D4 Energi terbarukan menjadi prodi masa depan dimasa mendatang". Kunci Rusdi Nur