English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

TRJT PNUP Gelar Alumni Sharing Session dan Mini-Expo PBL: Membangun Sinergi Antar Mahasiswa dan Alumni

14 Jul 2024 - 10:39 WITA · 18 Jul 2024 - 15:00 WITA · PUBLIC RELATION · 402

Prodi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT), Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) baru-baru ini mengadakan kegiatan Alumni Sharing Session dan Mini-Expo PBL di Gedung Theater Jurusan Teknik Elektro PNUP. Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Opening Speech oleh Koordinator Prodi TRJT, Ir. Sirmayanti, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa aktif dan alumni TRJT PNUP untuk berbagi pengetahuan tentang perkembangan bidang Telekomunikasi serta perjalanan karier setelah lulus.(14/07/24)

Pada sesi sharing, Muhammad Rizal, alumni TRJT tahun 2019 yang saat ini bekerja sebagai Network Engineer di PT Infokom Elektrindo Jakarta, berbagi pengalaman dan pengetahuan. Rizal, yang juga dikenal sebagai YouTuber dan digital content creator, menceritakan tentang kemudahan beradaptasi di industri berkat relevansi pendidikan TRJT dengan dunia kerja. Ia juga memberikan tips tentang penyelesaian studi tepat waktu, khususnya mengenai kesesuaian judul skripsi dengan tempat magang industri serta pentingnya keterlibatan dalam penelitian dan publikasi dosen.

Setelah sesi sharing, kegiatan dilanjutkan dengan Mini-Expo PBL yang menampilkan sembilan hasil proyek mahasiswa dari berbagai mata kuliah pada Semester Genap 2023/2024. Mini-Expo ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning - PBL) di prodi TRJT. Beberapa proyek yang dipamerkan termasuk perancangan dan optimasi jaringan seluler 4G dan 5G di Kabupaten Maros, Pangkep, Gowa, dan Kota Makassar. Acara ini juga mencakup voting untuk presentasi banner terbaik dan diskusi terbuka tentang PBL.

Acara diakhiri dengan silaturahmi antara alumni dan mahasiswa aktif, serta launching baju famgat dan informasi teknis terkait famgat TRJT yang bertema "United in Togetherness, Forever in Harmony". Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antar civitas akademik tetapi juga mempersiapkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global. (HumasPNUP/TRJT).