English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Latih Mitigasi Resiko & Sarmut, Wadir 2 Dr Jamal : Target Unit Penunjang dan Program Studi

19 Jul 2024 - 03:21 WITA · 20 Jul 2024 - 18:29 WITA · PUBLIC RELATION · 348

Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan melalui penerapan manajemen risiko serta penyusunan sasaran mutu (sarmut) yang efektif. Sebagai bagian dari upaya ini, PNUP mengadakan kegiatan pelatihan yang dipusatkan di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, pada Jumat, 19 Juli 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh unit penunjang dan program studi di PNUP dapat mencapai visi dan misi institusi dengan standar mutu yang tinggi dan manajemen risiko yang baik.

Kepala Pusat P3MP, Dr Ismail Anas SPd MPd dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta 91 orang yang terdiri dari jajaran pimpinan serta seluruh unit penunjang dan program studi di lingkungan politeknik negeri ujung pandang.

"Target peserta seluruh unit penunjang dan prodi". Ucap dosen administrasi niaga ini.

Lebih lanjut alumnus doktor UNM ini berharap tujuan kegiatan ini untuk membekali peserta memitigasi (upaya mengurangi resiko) yang sering dijumpai. Ia pun mengingatkan bahwa issue audit selalu menindaklanjuti temuan assessment di lapangan.

"Output kegiatan ini dapat mengelola resiko sekaligus mampu mengisi form sarmut dengan baik". Bebernya

 

Wadir 2 bidang umum dan keuangan, Dr Jamal ST MT mengapresiasi kegiatan manajemen resiko dan sarmut setiap unit dilingkungan PNUP.

"Pimpinan terus mendukung program ini". Harapnya saat membuka acara.

Dosen teknik mesin inipun memberi pesan bahwa setiap kebijakan pasti memiliki resiko sehingga tepat disandingkan antara pencapaian mutu dengan manajemen resiko.

"Ketika ada temuan maka mitigasinya harus tepat &  cepat". Ucapnya

 

Nara sumber, St Nur Insani adalah seorang direktur jasa konsultan manajemen yang memiliki pengalaman 15 tahun di bidang jasa konsultan manajemen. Ia menjelaskan bahwa kaidah pembuatan SARMUT mengacu pada SMART yakni Spesific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (dapat dicapai), Realistic (realistis) dan Time Bound (batas waktu).

"Time bound sarmut minimal 1 tahun". Kunci tenaga ahli PT Surveyor Indonesia Makassar.

 

Moderator kegiatan, Andi Nurul Istiyanah SST MAcc memberi kesempatan kepada seluruh peserta untuk melakukan pelatihan langsung dalam membuat sarmut serta langsung direviuw oleh nara sumber.

"Nara sumber beri materi sekaligus pelatihan". Kunci dosen akuntansi ini

 

Berikut agenda acara dan materinya,

- Registrasi

- Pembukaan

- coffee break

- materi pengenalan sarmut dan proses bisnis

- materi cara pengisian sarmut

- ISHOMA

- materi pengenalan risk dan penjelasan manajemen resiko

- coffee break

- cara pengisian tabel manajemen resiko

- penutupan

(HumasPNUP)