English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Sistem Inovatif: Optimasi Penjualan Air Minum oleh Jurusan Akuntansi PNUP di BUMDes Nisombalia

23 Jul 2024 - 06:04 WITA · 23 Jul 2024 - 15:31 WITA · PUBLIC RELATION · 345

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terus berkomitmen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pada tanggal 18 Juli 2024, tim PPDM Jurusan Akuntansi PNUP telah melaksanakan kegiatan PKM di BUMDes Mitra Tani Nelayan Lestari, Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros.

Kegiatan PKM ini berfokus pada pengembangan sistem informasi penjualan air minum dan air galon milik BUMDes. Hal ini dilakukan karena BUMDes Mitra Tani Nelayan Lestari merupakan salah satu penghasil pendapatan terbesar bagi desa melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Meskipun PAMSIMAS telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat Desa Nisombalia, namun belum adanya sistem informasi penjualan air minum menyebabkan manajemen PAMSIMAS tidak optimal, khususnya terkait data penjualan, piutang, penagihan, dan pembayaran.

Oleh karena itu, tim PPDM Jurusan Akuntansi PNUP mengembangkan sistem informasi penjualan air minum untuk membantu manajemen BUMDes mengelola bisnisnya dengan lebih baik.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Camat Marusu, Syamsul Idrus, S.STP, MM; Kepala Desa Nisombalia, Sulkarnain, SE; Direktur BUMDes Mitra Tani Nelayan Lestari, Haeruddin; dan jajaran pengelola BUMDes.

Dalam sambutannya, Camat Marusu mengapresiasi kegiatan PKM ini dan berharap agar sistem informasi penjualan air minum yang dikembangkan dapat meningkatkan kinerja BUMDes, khususnya dalam memenuhi kebutuhan air minum bagi warga desa dan meningkatkan pendapatan BUMDes.

Sementara itu, Kades Nisombalia menyampaikan bahwa Desa Nisombalia sebagai desa binaan PNUP telah banyak melakukan kerjasama dengan berbagai jurusan di PNUP, seperti perbaikan pompa instalasi PAMSIMAS, perbaikan jembatan, Desa Digital, pemetaan desa, dan sebagainya. Kades Nisombalia berharap agar kerjasama antara Desa Nisombalia dan PNUP dapat terus ditingkatkan.

Tim PPDM Jurusan Akuntansi PNUP terdiri dari 4 orang dosen yaitu: Andi Gunawan, SE., M.Com.Ak. (ketua), Dr. Nasir, SE.,M.Si, Muh. Iskandar Sabang, S.ST.,M.S.A., dan Harmiati Hatta, S.S.T., M.Acc, dibantu oleh 2 orang mahasiswa yaitu Muhaimin dan Safirah.

Kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi BUMDes Mitra Tani Nelayan Lestari dan Desa Nisombalia secara keseluruhan.(HumasPNUP)