English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Libatkan Mahasiswa Instalasi Sistem DAS-4G, Direktur Ilyas Mansur: Pertama di PTVP !

26 Jul 2024 - 06:32 WITA · PUBLIC RELATION · 393

Distributed Antenna System (DAS) adalah sebuah sistem yang dapat meningkatkan kekuatan sinyal seluler dalam gedung bersekat banyak atau gedung bertingkat.

 

Implementasi teknologi DAS jaringan seluler 4G mutlak diperlukan di gedung bertingkat dan bersekat banyak seperti hotel, mall dan gedung pencakar langit lainnya untuk memberikan layanan telekomunikasi  secara optimal kepada pelanggan telepon seluler.

 

Layanan DAS 4G sangat efektif untuk meningkatkan Key Performance Indicator (KPI) jaringan seluler dalam gedung. Secara khusus layanan Mobile Internet bagi pelanggan dikategorikan baik.

 

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang memiliki dua kampus telah mengembangkan sistem DAS-4G untuk mengatasi pelemahan sinyal seluler di kampus 2.

 

Pengembangan jaringan dilakukan melalui Penelitian Terapan-Rekayasa (PT-R) Tahun 2024 dan melibatkan mahasiswa tugas akhir dari Prodi D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi dan Prodi D3 Teknik Telekomunikasi.

 

Sistem DAS-4G terdiri dari sebuah Outdoor Antenna, Repeater, Power Splitter/Power Divider dan Indoor Antenna. Indoor Antenna dan Outdoor Antenna, di desain untuk bekerja sebagai Antena Penerima sekaligus Antena Pancar dalam jaringan DAS. Sistem ini di desain untuk melayani jaringan seluler dari 2G, 3G dan 4G (LTE).

 

Dibawah kendali Jurusan Teknik Elektro (JTE) Prodi D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT), sistem ini telah melewati fase pengujian dan dianggap telah layak untuk di terapkan di semua gedung yang ada di kampus politeknik negeri ujung pandang (PNUP).

 

Sulwan Dase, salah seorang dosen TRJT memberikan rekomendasi kepada direktur PNUP untuk menerapkan sistem DAS-4G di semua laboratorium dan ruang kelas.

 

"Kendala proses belajar-mengajar terutama praktek adalah sinyal lemah". Ucapnya

 

Penulis buku "Antena dan Propagasi" ini mengungkapkan solusi penggunaan DAS-4G bahagian dari program based learning (PBL) karena melibatkan mahasiswa untuk terjun langsung dalam praktek dan produksinya.

 

Direktur PNUP, Ilyas Mansur menyambut baik ide dan gagasan yang bersumber dari civitas akademika PNUP terutama memberikan manfaat konkrit terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar dan praktek di laboratorium.

 

"Kita rencanakan pembangunan jaringan DAS-4G secara bertahap". Ucapnya

 

Tahap pertama yaitu menginstalisasi jaringan DAS-4G di seluruh gedung perkuliahan, laboratorium, bengkel dan perkantoran di lingkungan kampus 1 dan kampus 2 PNUP.

 

Sementara, tahap kedua yaitu melakukan inovasi teknologi sumber daya listrik untuk back-up daya listrik ke jaringan DAS-4G yang bersifat berdiri sendiri (stand alone).

 

Sehingga bila terjadi pemutusan aliran listrik dari PLN, jaringan DAS-4G akan tetap beroperasi menggunakan sumber daya listrik yang di suplai dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

 

"Bila semuanya siap akan mengundang ibu Dirjen Vokasi melihat secara langsung serta me-launching sistem ini di kampus PNUP". Bebernya.

 

Mantan Direktur Polinef Fak-fak ini berharap setiap perencanaan yang matang memiliki kemampuan untuk meningkatkan indikator kinerja utama (IKU) antara PNUP dan Kemendikbudristek.

 

"DAS-4G ini adalah salah satu support system IKU". Kuncinya

 

Penerapan DAS-4G di kampus politeknik negeri ujung pandang menjadi yang pertama di Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (PTVP) seluruh Indonesia. (HumasPNUP)