English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Melahirkan Inovator Manufaktur: PNUP Gelar Yudisium Magister Terapan pada Jurusan Teknik Mesin

18 Aug 2024 - 01:16 WITA · PUBLIC RELATION · 303

Di tengah kemeriahan perayaan HUT RI ke-79, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengukir sejarah baru dengan menyelenggarakan yudisium perdana Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur Jurusan Teknik Mesin Angkatan 2021-2022. Acara yang berlangsung Sabtu, 17 Agustus 2024 di Ruang Rapat Teknik Mesin lantai 2, Kampus 2 PNUP, ini menandai lahirnya generasi baru ahli rekayasa teknologi manufaktur.

 

Dr. Saharuddin Rasyid, S.T., M.T., Ketua Jurusan Teknik Mesin, menyampaikan kebanggaannya, "Ini adalah momen bersejarah bagi PNUP. Para lulusan ini bukan hanya ahli teori, tapi juga praktisi handal yang siap membawa inovasi ke industri manufaktur Indonesia."

 

Sementara itu, Dr. Arman, S.T., M.Eng., Ketua Program Studi Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur, menambahkan, "Kurikulum kami dirancang untuk menjawab tantangan Industri yang ada sekarang ini khususnya dalam bidang desain dan manufaktur, metalurgi dan material, serta mekatronika dan kontrol. Para lulusan ini adalah pionir yang akan berkontribusi pada dunia pendidikan dan industri manufaktur di tanah air."

 

Yudisium ini menandai keberhasilan PNUP dalam mengembangkan program pascasarjana khususnya magister Terapan yang berorientasi pada kebutuhan industri. Para lulusan telah menyelesaikan berbagai proyek inovatif, mulai dari pengembangan sistem manufaktur berbasis mekatronika dan kontol hingga teknologi material maju untuk industri manufaktur di Indonesia.

 

Lulusan terbaik dengan IPK 4.00 Andi Muh. Farid Parenrengi mengungkapkan, "Pendidikan di sini membuka mata kami tentang potensi besar pendidikan dan pemaduan penelitian yang memadukan Material,, manufaktur, dan mekatronika. Kami siap mengaplikasikan ilmu kami untuk memajukan teknologi di tanah air."

 

Acara yudisium ini juga istimewa karena 4 orang dari wisudawan adalah terdiri dari 2 orang karyawan PT. Pelindo Regional Makassar dan 2 orang PT. PLN (Persero) Wilayah Sulselbar. Salah satu dari wisudawan yang juga dari industri menyatakan, "Kami sangat bersyukur bisa kuliah sampai bisa berkontribusi terhadap perusahaan kami. Karena tesis kami sesuai dengan permasalahan yang ada diperusahaan. Kami sangat yakin setelah bekerja diindustri dan kuliah di Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur akan memberikan kontribusi positif pada perusahaan  kami dan industri secara keseluruhan".

 

Dengan digelarnya yudisium ini, PNUP semakin memantapkan posisinya sebagai lembaga pendidikan vokasi terdepan di Indonesia, khususnya dalam bidang teknologi manufaktur. Para lulusan Magister Terapan Teknik Mesin PNUP diharapkan dapat menjadi katalis perubahan dalam industri manufaktur nasional, mendorong daya saing, dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia.

 

Lebih lanjut KoPs MTRTM yang juga alumni Program Doktroral Ehime University Jepang menyampaikan, kami masih membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk Prodi kami, bagi yang mau mendaftar silahkan mengisi link: https://s.id/s2-mtrm-pnup. Selanjutnya setelah mendaftar dan lolos seleksi berkas akan dilanjutkan dengan Tes tulis dan wawancara yang selanjutnya akan melaksanakan kuliah perdana bersamaan dengan kelas reguler D3 dan S1 Terapan di Politeknik Negeri Ujung Pandang.