English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Dari Diploma hingga Magister: PNUP Cetak Lulusan Berkualitas di Wisuda Periode I

24 Aug 2024 - 09:54 WITA · PUBLIC RELATION · 482

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Periode Pertama Tahun Akademik 2023/2024 pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Acara yang berlangsung khidmat di Auditorium Kampus PNUP ini dihadiri oleh 450 wisudawan beserta orang tua, serta tamu undangan dari berbagai kalangan termasuk perwakilan industri dan pemerintah. Wisuda kali ini menandai pencapaian penting bagi para lulusan yang terdiri dari program Diploma 3, Sarjana Terapan, dan Magister, sekaligus menjadi momentum bagi PNUP untuk memperkenalkan program-program inovatif terbarunya.

 

Dalam pidatonya, Direktur PNUP menekankan pentingnya pendidikan sebagai pilar utama pengubah kehidupan dan dunia. Beliau mengutip Malala Yousafzai, "Satu anak, satu guru, satu buku, dan satu pena dapat mengubah dunia," untuk menginspirasi para wisudawan agar menjadi agen perubahan positif di masyarakat.

 

Pada wisuda kali ini, PNUP meluluskan 450 wisudawan yang terdiri dari 170 lulusan program Diploma Tiga, 275 lulusan program Sarjana Terapan, dan 5 lulusan program Magister. Rata-rata IPK lulusan mencapai 3.56, dengan masa studi rata-rata 2 tahun 11 bulan untuk D3 dan 3 tahun 11 bulan untuk Sarjana Terapan.

 

PNUP juga memperkenalkan tiga program Magister baru, yaitu Magister Terapan Pemasaran, Inovasi, dan Teknologi; Magister Terapan Rekayasa Perawatan dan Restorasi Jembatan; serta Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur. Ini merupakan bagian dari komitmen PNUP untuk terus berinovasi dan menyediakan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman.

 

"Tahun ini juga kita pertama kali meluluskan alumni magister terapan". Ucap mantan direktur Polinef Fak-fak ini

 

Dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan alumni kepada dua perusahaan mitra. PT Trakindo, diwakili oleh Muhammad Shaleh Pallatje selaku Spesialis Training Service Utama, menerima 5 alumni. Sementara itu, PT Huayou Indonesia, yang diwakili oleh Stefanny Lie selaku HR Project Leader, menerima 21 alumni.

 

Ketua Ikatan Alumni (IKA) PNUP, Ir. Rais Petta Paladeng, turut memberikan sambutan dalam acara wisuda ini. Beliau menyampaikan harapan dan dukungan kepada para wisudawan baru untuk terus mengharumkan nama almamater di dunia kerja.

 

Direktur PNUP mengakhiri pidatonya dengan mengingatkan para wisudawan untuk tidak berhenti belajar, tetap bermimpi, dan menjaga integritas serta rendah hati. Para lulusan diharapkan dapat membawa nama baik almamater di manapun mereka berada dan berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan negara. (HumasPNUP)