English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI) Ke-11 Resmi Dibuka, Siap Bertransformasi ke Level Internasional

19 Sep 2024 - 07:28 WITA · 19 Sep 2024 - 15:40 WITA · PUBLIC RELATION · 39

Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI) yang ke-11 resmi dibuka hari ini di Ballroom Hotel Harper Makassar, pada 19 September 2024. Acara bergengsi yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro bersama Jurusan Teknik Informatika & Komputer Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ini mengusung tema “Integrasi Teknologi Ruang Udara Masa Depan Sebagai Jembatan Menuju Jaringan Telekomunikasi Multiplatform”, menghadirkan berbagai inovasi dan gagasan terbaru di bidang elektro dan informatika.

SNTEI 2024 yang berlangsung secara hybrid ini dihadiri oleh 418 peserta dan 14 presenter dari seluruh Indonesia, baik secara online maupun onsite. Dengan melibatkan tujuh sponsor, tiga pendukung acara, serta co-host dari Universitas Muhammadiyah Metro Lampung, seminar ini sukses menarik perhatian para akademisi, praktisi, dan pejabat pemerintahan yang terlibat aktif dalam sektor teknologi.

Acara ini menghadirkan tiga keynote speaker ternama: Dr. Iskandar, S.T., M.T. dari STEI ITB, Ir. Eddy Setiawan, MSTAS., Ketua IICF & Koordinator Industrial Relationship of IEEE Indonesia Section, serta Dr. Ir. Boni Pudjianto, M.Eng., Direktur Ekonomi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), yang berbagi wawasan mendalam terkait inovasi di dunia teknologi ruang udara dan telekomunikasi multiplatform.

Ketua panitia, Ir. Sandryones B. Palinggi, S.T., M.T., mengungkapkan apresiasi kepada seluruh panitia atas kesuksesan acara ini dan menekankan bahwa SNTEI telah menjadi acara tahunan yang ditunggu-tunggu.

Dalam sambutannya, Prof. Ahmad Rizal Sultan, S.T., M.T., Ph.D., selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro, dan  Iin Karmila Yusri, S.ST., M.Eng., Ph.D., Ketua Jurusan Teknik Informatika & Komputer Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), menyampaikan kebanggaan atas keberlanjutan Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI) yang telah berjalan selama 11 tahun. Keduanya berharap agar seminar ini terus berkembang, dengan rencana ambisius untuk menjadikannya ajang berskala internasional pada tahun mendatang.

“Insya Allah, tahun depan SNTEI akan diselenggarakan pada level internasional,” ungkap Prof. Ahmad Rizal. Selain itu, mereka juga menekankan pentingnya pelaksanaan acara ini agar dapat berjalan lancar, serta memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh peserta, keynote speaker, dan panitia yang terlibat. Harapannya, SNTEI terus menjadi wadah inspiratif bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang elektro dan informatika.

Wakil Direktur 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang, Jamal, S.T., M.T., yang mewakili Direktur PNUP dalam pembukaan acara, menyampaikan bahwa SNTEI perlu terus ditingkatkan, tidak hanya pada level nasional tetapi juga menuju level internasional.

“Kegiatan ini perlu ditingkatkan tidak hanya pada level nasional maupun juga pada level internasional,” ucapnya dengan penuh harapan. Beliau juga menyampaikan rasa bangganya atas konsistensi Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknik Informatika & Komputer dalam menyelenggarakan SNTEI setiap tahunnya. Menurutnya, seminar ini telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan teknologi dan pendidikan vokasi di PNUP, serta memperkuat posisi kampus di dunia akademik dan industri teknologi.

SNTEI 2024 diharapkan menjadi momentum penting dalam mengintegrasikan inovasi teknologi elektro dan informatika, memperkuat kolaborasi antara akademisi dan praktisi, serta mendukung perkembangan telekomunikasi di Indonesia menuju masa depan yang lebih terhubung dan efisien.

(HumasPNUP)