English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Gelar Workshop HKI, Dorong Inovasi dan Penelitian Berkualitas

17 Oct 2024 - 05:36 WITA · 17 Oct 2024 - 14:07 WITA · PUBLIC RELATION · 58

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengadakan workshop bertajuk "Meningkatkan Kinerja Dosen dan Institusi Melalui Hak Kekayaan Intelektual" di Aula PNUP Lantai III. Acara yang diselenggarakan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan civitas akademika dalam penyusunan dan pengajuan paten. (16/10/2024)

Wakil Direktur III PNUP, Adam Rasid, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya menekankan pentingnya penguasaan hak kekayaan intelektual. "Dengan pemahaman yang baik tentang paten, kita dapat mendorong kreativitas dan inovasi yang lebih tinggi di Politeknik Negeri Ujung Pandang," ujarnya saat membuka acara.

Workshop ini menghadirkan dua sesi pemaparan materi yang dibawakan oleh Ir. Ikhsan, M.Si.- Pemeriksa Paten Utama DJKI Kemenkumham RI:

  1. Pengenalan hak kekayaan intelektual dan tata cara penulisan drafting paten
  2. Tata cara penyusunan deskripsi paten secara cepat, fokus pada efisiensi dan efektivitas dalam proses pengajuan paten.

Peserta berkesempatan berinteraksi langsung dengan pemateri melalui sesi tanya jawab dan diskusi interaktif, membahas berbagai tantangan dalam proses drafting paten.

Dr. Eng Abdul Kadir Muhammad, ST., PG., Dipl., M.Eng., Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PNUP, menutup acara dengan optimisme. "Saya berharap workshop ini dapat menjadi langkah awal bagi kita semua dalam menciptakan karya yang dapat dipatenkan dan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Melalui kegiatan ini, PNUP menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan kompetensi dosen dan staf, serta meningkatkan reputasi institusi di kancah nasional dan internasional.

(HumasPNUP)


@poltek_upg