English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mendesain Perangkat Microdevice Dengan Menerapkan Product Base Learning

10 Jan 2025 - 04:24 WITA · 10 Jan 2025 - 16:52 WITA · PUBLIC RELATION · 112

(HumasPNUP) - Merespon upaya Kementerian Pendidikan, Teknologi, dan Riset (Dikti-Saintek) dalam mendorong transformasi pendidikan tinggi di Indonesia, Irawati Razak, S.T., M.T. selaku Dosen pengampu mata kuliah Teknik Frekuensi Tinggi dan Gelombang Mikro di Program Studi D4 Teknik Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menerapkan metode pembelajaran berbasis produk (Product Based Learning).

Pada awal perkuliahan mata kuliah Teknik Frekuensi Tinggi dan Gelombang Mikro dimulai dengan pengenalan teori tentang teknologi microstrip, yang menjadi komponen utama perangkat microdevice dalam sistem telekomunikasi modern. Mahasiswa diajak memahami konsep dasar frekuensi tinggi dan gelombang mikro, serta aplikasi praktisnya dalam berbagai sistem telekomunikasi.

Materi pembelajaran mencakup parameter microstrip, saluran transmisi, pembagi jalur transmisi seperti power divider dan directional coupler, hingga desain perangkat microdevice berbasis microstrip seperti filter, penguat sinyal, antena, dan aplikasi microdevice lainnya. Pemahaman ini diharapkan menjadi dasar yang kuat bagi mahasiswa untuk menguasai teknologi telekomunikasi berbasis microstrip.

Pada Ujian Tengah Semester, mahasiswa diharuskan mempresentasikan hasil simulasi terkait perangkat microdevice berbasis microstrip. Topik yang dipresentasikan meliputi pembagi jalur transmisi seperti power divider dan directional coupler, filter, penguat sinyal, antena, hingga desain perangkat microdevice secara keseluruhan. Selain itu, mahasiswa juga memaparkan penerapan perangkat microdevice berbasis microstrip dalam berbagai aplikasi telekomunikasi. Presentasi ini tidak hanya mengukur pemahaman teori, tetapi juga menilai kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, mensimulasikan, dan mengkomunikasikan hasilnya secara profesional.

Implementasi metode pembelajaran ini terlihat pada kegiatan Evaluasi Akhir Semester yang dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2025 di Laboratorium Frekuensi Tinggi Kampus 2 PNUP. Selama kegiatan, mahasiswa terlibat aktif dalam pembuatan perangkat microdevice berbasis microstrip dengan berbagai desain. Mulai dari tahap perancangan, pabrikasi, hingga pengujian produk. 

Berbagai desain microstrip berhasil direalisasikan mahasiswa seperti pembagi jalur transmisi power divider dan directional coupler, High Pass Filter (HPF), Low Pass Filter (LPF), Band Pass Filter (BPF), Band Stop Filter (BSF) dan  antena microstrip yang menunjukkan efektivitas metode ini dalam mengembangkan kompetensi teknis. Produk yang dihasilkan menjadi bukti nyata keberhasilan pendekatan inovatif ini.

Penerapan Product Based Learning sejalan dengan visi PNUP dalam mengembangkan pendidikan vokasi adaptif dan mendukung transformasi perguruan tinggi di Indonesia.