English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Asesmen Prodi D3-PAB PNUP Resmi Di Tutup, Tim Asesor BAN-PT: Kami Bukan Penentu, Hanya Memotret Kondisi

05 May 2021 - 12:15 WITA · 05 May 2021 - 12:20 WITA · HUMAS · 442

Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) Prodi Diploma Tiga (DIII) Perawatan Alat Berat (PAB) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) resmi di tutup oleh Wakil Direktur Bidang Akademik PNUP, Selasa (4/5).

Pelaksanaan AL Prodi DIII-PAB oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor surat 1558/BAN-PT/SPT-AK/A/2021 berlangsung selama dua hari (senin-selasa, tanggal 3-4 Mei 2021) menggunakan daring.

Turut hadir dalam penutupan AL kali ini adalah para wakil direktur, P3MP, tim akreditasi, dosen dan mahasiswa prodi DIII-PAB.

Wakil Direktur Bidang Akademik (WD-1) PNUP, Ahmad Zubair Sultan, Ph.D dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim asesor dari BAN-PT atas kesediaannya melakukan AL Prodi DIII-PAB.

"Kami berharap kegiatan AL yang sudah berlangsung selama dua hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, terutama kami mendapat banyak masukan dari tim AL untuk pengembangan prodi D-III PAB ke depannya". Ucapnya

Sementara itu Ketua Tim AL BAN-PT, Firdaus, M.T dalam arahannya menyampaikan bahwa setelah mendapatkan amanah dari BAN-PT untuk AL Prodi DIII-PAB
tugas kami memotret keadaan dan kondisi prodi dan membantu untuk mengklarifikasi apa yang kami sudah buat melalui laporan evaluasi diri dan data pendukung.

"Kami bukan mencari kesalahan tapi kami mau memotret kondisi prodi dan mencari solusi untuk pengembangan prodi DIII-PAB ke depan". Harap dosen politeknik negeri Sriwijaya ini

Sementara itu anggota Tim AL, Prof. Dwi Aries Himawanto memberi tambahan bahwa AL dengan 9 standar baru pertama kali kami lakukan dan pertama di PNUP.

"Walaupun sudah lama menjadi asesor namun kali kedua menjadi AL dengan 9 standar dan kebetulan dapat lagi tugas di PNUP". Ucap dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta ini.

Kepala pusat Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P3MP) PNUP, Dharma Ariyani, Ph.D dalam laporannya menyampaikan bahwa ini kali ketiga BAN-PT melakukan akreditasi menggunakan 9 Standar setelah diawali oleh prodi D4 PGB Teknik Sipil dan D4 TRJT Jurusan Teknik Elektro bulan kemarin.

"AL menggunakan 9 standar merupakan kali ketiga setelah prodi D4 PBG dan TRJT bulan lalu". Ucapnya

Sementara itu, Koordinator prodi (KoPS) DIII-PAB, Ir. Anwar, M.T. mengharapkan kerja sama tim yang dilakukan selama menjelang kegiatan AL sampai hari ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

"Selaku ketua prodi semoga kegiatan AL selama dua hari ini (senin-selasa) dapat berjalan dengan baik dengan harapan hasil kerja tim dapat menghasilkan nilai sesuai harapan". Harapnya

"Kami ucapkan terima kasih kepada tim asesor atas arahan dan masukannya sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan, kemajuan dan pengembangan prodi DIII PAB kedepan". Tukasnya

Sebelumnya pada saat prosesi pembukaan asesmen oleh direktur serta perkenalan panel asesor untuk mendapatkan arahan maka kegiatan selanjutnya dipandu oleh kepala pusat P3MP-PNUP.

Adapun agenda kegiatan asesmen pada hari pertama (3/5) antara lain sesi pimpinan UPPS/Institusi dengan agenda konfirmasi dan pengecekan terkait data tata pamong, tridharma, sarpras dan rencana pengembangan prodi serta data pendukung lainnya.

Sementara untuk hari kedua (4/5) tim AL akan mengklarifikasi sarpras dan dokumen pendukung, sesi wawancara dengan dosen, tendik, dan mahasiswa serta penyampaian tanggapan dan penandatanganan berita acara.


@poltek_upg