English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Menggelar Workshop PKM: Membangun Kreativitas Mahasiswa untuk Masa Depan Unggul

30 Jan 2024 - 08:06 WITA · 30 Jan 2024 - 16:15 WITA · PUBLIC RELATION · 772

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sukses mengadakan Workshop Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Aula lantai 3 Kampus 1 PNUP pada 30 Januari 2024. Kegiatan ini berhasil menyedot antusiasme lebih dari 300 mahasiswa.

Pada tahun sebelumnya, PNUP telah berhasil meloloskan 8 tim pada tahap pendanaan, menciptakan landasan kesuksesan yang diteruskan dalam workshop ini. Mardhiyah Nas, S.T., M.T., dalam kapasitasnya sebagai Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, membuka workshop dengan penuh semangat. Beliau berharap agar keberhasilan workshop ini mampu melahirkan lebih banyak tim mahasiswa sukses. "Saya sangat senang melihat antusiasme kalian. Semoga tahun ini, lebih banyak tim yang berhasil lolos PKM. Jangan kehilangan semangat dalam menciptakan kreativitas dan inovasi. Workshop ini memberikan bekal yang berharga, terutama untuk penyusunan tugas akhir," ungkapnya.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di PNUP bertujuan meningkatkan mutu peserta didik, melatih mereka agar menjadi anggota masyarakat dengan kemampuan akademis dan/atau profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, serta kesenian untuk memperkaya budaya nasional.

Pengelolaan PKM 5 Bidang melibatkan penandatanganan perjanjian kerjasama pelaksanaan PKM 5 Bidang dengan PTS dan penyaluran dana. PKM 5 Bidang mencakup PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Teknologi), dan PKM-KC (Karsa Cipta).

Workshop ini menampilkan narasumber internal PNUP, termasuk Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad, M.T., dan Ir. Abdul Salam, M.T. Selain itu, menampilkan narasumber internal dari UNHAS, yaitu Dr.Ir. Suhasman S.Hut., M.Si. memberikan wawasan sebagai Kasubdit Pengembangan Prestasi dan Talenta serta juri PIMNAS.

Selain pengetahuan yang diperoleh, peserta workshop juga mendapatkan sertifikat yang bernilai poin untuk kegiatan ekstrakurikuler, mengakui kontribusi dan partisipasi mereka dalam kegiatan pemberdayaan ini.

Dengan rangkaian acara yang beragam, workshop ini bukan hanya menjadi wadah pembelajaran, tetapi juga motivasi bagi mahasiswa PNUP untuk menggali lebih dalam kreativitas dan inovasi mereka. Harapannya, mahasiswa yang terlibat dapat menjadi pionir perubahan dan kontributor utama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.