English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

The Manufacturing Day: Seminar Magang dan Kuliah Tamu Industri di PNUP

06 Feb 2024 - 09:31 WITA · 06 Feb 2024 - 19:19 WITA · PUBLIC RELATION · 857

Pada tanggal 6 Februari 2024, Program Studi Sarjana Terapan Teknik Manufaktur Jurusan Teknik Mesin menggelar seminar magang dan kuliah tamu industri di ruang Aula Lt. 3, gedung direktorat Kampus 1 PNUP. Tema yang diangkat adalah "Membangun Pondasi Masa Depan Manufaktur dengan Kreativitas dan Inovasi."

Dalam seminar ini, Ketua Program Studi D4 Teknik Manufaktur, Dr. Eng. Baso Nasrullah, S.ST., M.T., menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini akan memberikan wawasan baru bagi mahasiswa yang baru saja menyelesaikan magang. Beliau juga menyoroti peluang karir yang besar di industri manufaktur, khususnya di sektor pertambangan yang membutuhkan tenaga kerja yang handal. Di Morowali saja, diprediksi akan direkrut sekitar 2.000 orang, dimana mayoritas dari mereka adalah tenaga kerja lokal.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Mesin, Dr.Ir. Syaharuddin Rasyid, M.T., menjelaskan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan keberagaman program studi di jurusan Teknik Mesin. Terdapat 9 program studi yang ada, satu diantaranya berlokasi di Kabupaten Kolaka. Program-program studi tersebut mencakup D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Konversi Energi, D3 Teknik Otomotif, D3 Perawatan Alat Berat, D3 PSDKU PNUP di Kab. Kolaka Teknologi Konversi Energi, D4 Teknik Manufaktur, D4 Teknik Pembangkit Energi, D4 Teknik Mekatronika, D4 Teknik Pembangkit Energi, dan D4 Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan.

Wakil Direktur 1, Rusdi Nur, S.ST., M.T., Ph.D., turut menambahkan bahwa alumni teknik mesin PNUP telah sukses bekerja di perusahaan-perusahaan besar, seperti PT Trakindo dan PT Huayue Nickel Cobalt. Beliau juga menekankan bahwa calon mahasiswa dengan prestasi akan mendapatkan prioritas masuk di PNUP.

Dengan seminar ini, diharapkan mahasiswa dan calon mahasiswa dapat lebih memahami potensi dan peluang karir yang ditawarkan oleh jurusan Teknik Mesin, serta memperluas wawasan tentang industri manufaktur secara keseluruhan.