English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa KKN-P PNUP Menggelar Lomba Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di Kec. Patimpeng, Kab. Bone

07 Feb 2024 - 07:27 WITA · PUBLIC RELATION · 855

Mahasiswa dari Jurusan Teknik Kimia, Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah melaksanakan sejumlah kegiatan dalam Program Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKN-P) di Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah mengadakan lomba pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) yang melibatkan warga dari empat desa, yaitu Desa Patimpeng, Maddanreng Pulu, Latellang, dan Massila. 

Kegiatan lomba tersebut berlangsung pada hari Senin, tanggal 05 Februari 2024, bertempat di kantor camat Patimpeng. Antusiasme terhadap kegiatan lomba ini cukup tinggi, baik dari Camat Patimpeng, Andi Ilham Patawari, SE, maupun dari para kepala desa dan masyarakat setempat. Program ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan mahasiswa KKN-P Jurusan Teknik Kimia, Prodi D4 Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan PNUP.

Menurut Rahmiah Sjafruddin, ST., M.Eng, dosen pendamping KKN-P, pemilihan lomba pembuatan VCO didasarkan pada potensi sumber daya alam di Kabupaten Bone sebagai penghasil kelapa. VCO sendiri merupakan produk alternatif dari kelapa yang memiliki keunggulan dan manfaat yang tinggi.

Selain menjadi ajang lomba, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai khasiat dan manfaat VCO. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang potensi produk lokal yang bernilai serta membuka peluang baru dalam pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.