English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa Magister Terapan Jurusan Teknik Sipil PNUP Sukses Gelar Seminar Proposal Tesis

07 Feb 2024 - 09:03 WITA · PUBLIC RELATION · 481

Tiga mahasiswa program Magister Terapan (S2) Prodi Rekayasa Perawatan dan Restorasi Jembatan (RPRJ) Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) angkatan pertama telah menyelesaikan seminar proposal tesis mereka dengan sukses. Acara berlangsung di ruang laboratorium Jurusan Teknik Sipil Kampus 1 PNUP Tamalanrea Makassar pada Rabu (07/02/2024).

Dengan total 12 mahasiswa dalam angkatan pertama, program magister terapan ini telah mendapat izin resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan nomor 153/D/OT/2022, tanggal 6 Juli 2022.

Ketua Panitia Seminar Proposal Tesis, Dr. Hasmar Halim, S.T., M.T, menyampaikan bahwa ketiga mahasiswa yang berhasil menyelesaikan seminar proposal tesis ini, yaitu Bapak Muhammad Nasrun (Konsultan Direktur PT. Mahapani Konsultan), Bapak Ir. Asdar Azis S.ST, IPM (Direktur PT Saoraja Telecom Infrastructure), dan Bapak Kaharuddin (Wiraswasta Jasa Konstruksi), telah menunjukkan dedikasi dan konsistensi dalam proses akademik mereka. Hasmar juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen Jurusan Teknik Sipil atas bimbingan dan masukan yang diberikan kepada setiap mahasiswa seminar.

Sebagai bentuk apresiasi, ketiga mahasiswa tersebut menyajikan makanan berat berupa kue dan nasi tumpeng, serta berbagai jenis kue tradisional Bugis. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Direktur 1 PNUP, Rusdi Nur, S.ST., M.T., Ph.D.

Rusdi Nur menyatakan rasa syukurnya atas kesuksesan program Magister Terapan ini dalam melahirkan calon alumni. Wakil Direktur 1 itu juga mengapresiasi para dosen yang telah memberikan ilmu dan bimbingan kepada mahasiswa. Dia juga berharap agar minat pendaftaran mahasiswa pada program ini semakin meningkat di tahun 2024.

Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr. Andi Muhammad Subhan, S.T, M.T. berharap dengan adanya Magister Terapan RPRJ PNUP dapat meningkatkan dunia pendidikan.

Dengan adanya Magister Terapan Prodi RPRJ di PNUP, Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr. Andi Muhammad Subhan, S.T., M.T., menyampaikan harapannya untuk peningkatan dunia pendidikan.

Program Studi Magister Terapan Rekayasa Perawatan dan Restorasi Jembatan (MTRPRJ) PNUP menonjolkan profil lulusan dan keunggulan program studinya sebagai ahli rekayasa perawatan dan restorasi jembatan yang mampu menerapkan kompetensi, inovasi, dan pengalaman praktis dalam berbagai aspek. Perlu dicatat bahwa Magister Terapan Perawatan dan Restorasi Jembatan PNUP merupakan yang ketiga di Indonesia, setelah Politeknik Negeri Samarinda dan Politeknik Negeri Padang.

Tahun ini, Jurusan Teknik Sipil PNUP kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk beberapa jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan yang tersedia adalah:
D3 - Teknik Konstruksi Gedung (B)
D3 - Teknik Konstruksi Sipil (B)
D4 - Jasa Konstruksi (B)
D4 - Perancangan Bangunan Gedung (Baik)
D4 - Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air (Terakreditasi)
S2 - Rekayasa Perawatan dan Restorasi Jembatan (Terakreditasi)

Ini merupakan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bergabung dan mengembangkan potensi mereka di Jurusan Teknik Sipil. Semua program pendidikan telah disesuaikan dengan standar akreditasi yang berlaku untuk menjamin kualitas pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi bagian dari keunggulan pendidikan teknik sipil di PNUP!