English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Revolusi Industri 5.0: Menantang Profesi Akuntan dengan Artificial Intelligence

12 Feb 2024 - 00:39 WITA · PUBLIC RELATION · 206

Makassar, Sabtu, 10 Februari 2024 - Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi PNUP sukses menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Revolusi Industri 5.0: Profesi Akuntan vs Artificial Intelligence" di Aula Kampus 1 Politeknik Negeri Ujung Pandang. Acara yang menjadi bagian dari rangkaian tahunan Lomba Akuntansi antar Siswa SMA/SMK se-Indonesia Timur ini menarik perhatian sekitar 200 peserta, terdiri dari guru SMA/SMK, siswa SMA/SMK, dan mahasiswa Jurusan Akuntansi PNUP.

Pada sesi pembukaan, Rusdi Nur, S.T., M.T., Ph.D., Wakil Direktur 1 PNUP dan Dr. Nasir, S.E., M.Si., Ketua Jurusan Akuntansi, menyampaikan sambutan serta menyoroti pentingnya seminar ini dalam menghadapi tantangan era industri 5.0 yang didominasi oleh teknologi Artificial Intelligence (AI).

Dalam sesi pertama, Prof. Dr. Abdul Hamid Habbe, S.E., M.Si., Guru Besar FEB Universitas Hasanuddin (UNHAS), membahas sejarah teknologi dalam Revolusi Industri dan perbedaan antara expert system dengan AI. Beliau menegaskan bahwa meskipun AI berkembang pesat, peran akuntan tetap tak tergantikan. Namun untuk tetap relevan, akuntan perlu meningkatkan kualitas diri dengan menguasai keahlian teknis seperti analisis data dan memahami etika penggunaannya.

Di sesi kedua, Rustamin Rustam, S.E., General Manager Treasury dan Finance PT Semen Tonasa, menyoroti tantangan AI dalam dunia keuangan. Meskipun AI dapat memberikan alternatif dalam pengambilan keputusan, Rustamin menekankan bahwa kehadiran akuntan tetap penting karena aspek-aspek seperti insting, pengalaman, dan humanitas tidak bisa digantikan oleh AI.

Sesi tanya jawab yang dipandu oleh Irvan Bravely, S.ST., M.Acc., selaku moderator, berhasil membuka wawasan peserta tentang dampak AI terhadap profesi akuntan, serta pentingnya adaptasi dan pengembangan diri dalam menghadapi perubahan yang terus berlangsung.

Acara ini dihadiri juga oleh Kordinator Program Studi D4 Akuntansi Manajerial, Andi Abdul Asiz, S.E., M.Com., Ak., dan Kordinator Program Studi D3 Akuntansi, Iskandar Sabang, S.ST., M.SA., beserta para dosen dan tenaga kependidikan Jurusan Akuntansi PNUP.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi pijakan bagi para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan siswa di bidang akuntansi untuk terus mengembangkan diri dan menjaga relevansi profesi akuntan di tengah-tengah perubahan yang cepat dan dinamis pada dunia industri 5.0 yang terkepung dengan teknologi AI