English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Politeknik Negeri Gelar Program Diploma 4 Energi Terbarukan, Dukung Industri PLTS

12 Feb 2024 - 06:35 WITA · 12 Feb 2024 - 15:00 WITA · PUBLIC RELATION · 228

Lima politeknik negeri, termasuk Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Negeri Manado, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang, telah memperkenalkan Program Diploma 4 Spesialisasi 1 Tahun (Semester 7 & 8) dalam Energi Terbarukan. Program yang dimulai pada tanggal 29 Januari dan berlangsung hingga 9 Februari 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian dosen di bidang Pemeliharaan, Commissioning, Fault Finding, dan Trouble Shooting Solar Fotovoltaik serta Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dengan bekerja sama dengan industri Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Kerja sama ini melibatkan PT Xurya Daya Indonesia sebagai developer PLTS atap pada pabrik PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO Depo Bojonegoro) dan CV Sumber Rezeki sebagai kontraktor pemasangan PLTS atap di gedung Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, yang ditunjuk oleh Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

Kerja sama ini merupakan bagian dari proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) yang didukung oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Swiss. Dua tenaga ahli dari University of Applied Sciences of Eastern Switzerland memberikan pelatihan teknis intensif selama dua minggu di kampus Politeknik Energi dan Mineral Akamigas bagi sepuluh dosen terpilih dari lima politeknik mitra RESD, serta mengunjungi tiga lokasi di Jawa Tengah yang telah menggunakan teknologi PLTS atap.

Program ini memberikan kesempatan bagi para peminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang Program Diploma 4 Spesialisasi 1 Tahun Energi Terbarukan Bidang Solar, Hydro, dan Hybrid di politeknik.

------------

*Kontak: @swissinindonesia @diktivokasi @energixurya @esdmjatim*