English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Tajuk: "Pemkot Makassar dan Koperasi PNUP Makassar Berkolaborasi untuk Dorong Pengembangan Usaha Tanpa Jaminan"

16 Feb 2024 - 01:13 WITA · PUBLIC RELATION · 467

Pemerintah Kota Makassar dan Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Perintis Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah menggelar pertemuan yang menarik perhatian di Kampus PNUP Makassar. Dalam forum Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada Selasa, 13 Februari 2024, terungkap rencana kolaboratif yang bertujuan memajukan usaha tanpa memerlukan jaminan.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Kamelia Thamrin Tantu, memimpin ajakan kepada KPN Perintis PNUP untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan dari Bank Sulselbar sebagai modal usaha. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dorongan besar bagi pengembangan usaha koperasi di kota tersebut.

Namun, tak hanya itu. Pemerintah Kota Makassar juga memperkenalkan program pelatihan khusus untuk UKM dan koperasi dengan tujuan agar mereka dapat lebih kompetitif dalam pasar yang semakin sengit. Program ini tidak hanya berfokus pada pemberian modal, tetapi juga pada penguatan kapasitas dan keunggulan bersaing.

"Saatnya kita melihat peluang dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Melalui kerjasama ini, kita tidak hanya memberikan modal, tetapi juga memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil," ungkap Kamelia Thamrin Tantu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PNUP, Ilyas Mansur, menegaskan pentingnya membedakan antara koperasi dan korporasi serta memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. "Koperasi memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi korporasi yang sukses. Namun, kita perlu memastikan bahwa peluang tersebut tidak terlewatkan," ujarnya.

Dengan adanya komitmen yang kuat dari pihak terkait, termasuk seluruh pengurus KPN Perintis dan hadirin lainnya, diharapkan bahwa kerjasama ini akan membawa angin segar bagi pengembangan usaha mikro dan koperasi di Kota Makassar.