English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Singkronisasi Soal UKK 2023/2024 Bidang Keahlian OTKP Melalui Zoom Meeting

19 Feb 2024 - 08:05 WITA · 19 Feb 2024 - 16:54 WITA · PUBLIC RELATION · 1,512

Pada hari Senin, 19 Februari 2024, dilaksanakan kegiatan singkronisasi soal Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk tahun ajaran 2023/2024 dengan fokus pada bidang keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Acara ini diselenggarakan oleh PNUP secara virtual melalui platform Zoom Meeting.

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin oleh para asesor Prodi D4 Administrasi Perkantoran Digital Jurusan Administrasi Niaga PNUP yang terdiri atas:
- Dra. I Masita, M.Si.
- Drs. Hirman, M.Si.
- Nahiruddin, S.Si., M.Si.
- Serpian, S.ST., M.AB.

Acara ini dihadiri oleh para guru SMK yang mengajar pada Jurusan OTKP yang merupakan peserta terbuka secara umum.

Kegiatan singkronisasi soal UKK ini dilakukan sesuai dengan pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah ditetapkan. Pedoman ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pentingnya kegiatan ini tergambar dari fokus jenjang pendidikan menengah kejuruan yang salah satunya difokuskan pada pengembangan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Pedoman ini diterbitkan oleh Direktur SMK pada bulan Oktober 2023.

Salah satu bidang keahlian yang menjadi fokus UKK untuk SMK adalah bidang OTKP yang memiliki 4 paket materi ujian yang telah disiapkan dengan teliti.

Melalui kegiatan singkronisasi soal ini, diharapkan konsistensi dan kualitas soal UKK OTKP dapat terjaga dengan baik sehingga proses evaluasi kompetensi peserta didik dapat berjalan secara adil dan akurat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.