English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Forum Pendidikan Vokasi 2024: Mengawali Era Baru Melalui Konsolidasi dan Kolaborasi

24 Feb 2024 - 03:53 WITA · PUBLIC RELATION · 1,155

Makassar, 24 Februari 2024 - Telah terselenggaranya "Kegiatan Koordinasi Kebijakan dan Program Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi TA 2024" di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, mulai dari tanggal 22 hingga 24 Februari 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan tujuan utama "mengkoordinasikan dan menyelaraskan arah kebijakan pelaksanaan program" sesuai dengan program dan anggaran tahun anggaran 2024.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan tarian dari siswa SMKN 2 Gowa yang diakhiri dengan nyanyian dari UKM Seni dan Olahraga (SENIOR) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Dalam sambutannya, Kepala BPPMPV KPTK, Lismanto, S.A.P., M.Si., menegaskan pentingnya koordinasi dalam merumuskan kebijakan pendidikan vokasi. Sedangkan, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc., menyoroti urgensi diskusi antara SMK dan perguruan tinggi untuk menyesuaikan kurikulum. Ia menyampaikan, "Selama ini, mahasiswa baru ke perguruan tinggi vokasi baik ke Politeknik Negeri maupun AKN, datangnya dari SMK dan SMA, lalu perguruan tinggi bilang yaudah, samakan saja padahal ternyata mereka berbeda." Ia juga menekankan pencapaian permasalahan renstra dan perencanaan tahun 2025 hingga 2030.

Sesi Malam Penganugerahan dipandu dengan semangat oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Saryadi, S.T., M.B.A. Para peserta diinformasikan bahwa mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Politeknik/AKN dan kelompok balai untuk sesi diskusi kelompok pada tanggal 23 Februari 2024. Kelompok Politeknik/AKN akan membahas penguatan perencanaan dan evaluasi serta sinkronisasi program dengan berbagai direktorat terkait, sementara kelompok balai akan fokus pada pembagian peran balai, pendataan guru kejuruan, penjaminan mutu, dan berbagai aspek implementasi pembelajaran.

Acara penutupan diselenggarakan pada malam hari setelah shalat magrib di Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BPPMPV) Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi & Komunikasi (KPTK) tepatnya di kapal terapung. BPPMPV KPTK menyuguhkan kuliner khas Makassar yang sangat lezat. 

Saryadi dalam sambutannya berharap agar hasil diskusi dari kegiatan ini akan terus ditindaklanjuti dengan melaksanakan rapat secara online tiap pekan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan koordinasi antar lembaga dalam merumuskan kebijakan pendidikan vokasi yang lebih efektif dan terarah.