English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Gelar Rapat Koordinasi dengan Desa-desa Binaan di Sulawesi Selatan untuk Persiapan Kegiatan Pengabdian kepada Masya

28 Feb 2024 - 23:40 WITA · 29 Feb 2024 - 07:55 WITA · PUBLIC RELATION · 517

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengadakan rapat koordinasi dengan kepala desa dari beberapa wilayah di Sulawesi Selatan pada Rabu, 28 Februari 2024. Kegiatan ini bertempat di Ruang Rapat lantai 1, Kampus 1 PNUP, yang berlokasi di Jalan Perintis KM.10, Tamalanrea, Kota Makassar. Rapat tersebut diinisiasi dalam rangka persiapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan oleh PNUP di desa-desa di sekitar.

Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mendiskusikan rencana kegiatan pengabdian yang akan dilakukan di desa-desa yang bekerja sama dengan PNUP. Salah satu fokus utama rapat adalah untuk mengumpulkan data yang relevan dari pihak desa, termasuk jumlah penduduk, jumlah anak bersekolah di tingkat SMA, serta daftar perguruan tinggi lain yang telah melakukan kegiatan pengabdian di desa tersebut.

Sejumlah desa diundang untuk menghadiri rapat koordinasi ini, antara lain Salenrang, Nisombalia, Tanete, Tompobulu, Massamaturu, Soreang, Manimbahoi, dan Majannang, yang tersebar di tiga kabupaten, yaitu Maros, Takalar, dan Gowa.

Dr.Eng. Abdul Kadir Muhammad, S.T., M.Eng., selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PNUP, menjelaskan beberapa agenda rapat, di antaranya adalah identifikasi proyek pengabdian yang sudah ada dari perguruan tinggi lain, isu-isu yang sering muncul dalam kegiatan pengabdian, potensi implementasi keilmuan PNUP di desa mitra, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pengabdian, dan potensi promosi kampus kepada siswa/siswi SMA/SMK/MA kelas 3.

Wakil Direktur 1, Rusdi Nur, S.ST., M.T., Ph.D., menambahkan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk menggaet alumni dari desa-desa binaan untuk mendaftar di PNUP, serta untuk memperkuat sinergi antara PNUP dengan masyarakat, baik pada proses pengabdian maupun setelahnya.