English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Peresmian Ruang Training Center Fiber Optik PNUP Mewujudkan Kolaborasi yang Produktif

06 Mar 2024 - 06:33 WITA · PUBLIC RELATION · 608

Pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2024, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) merayakan pencapaian signifikan dengan peresmian Pusat Pelatihan Fiber Optik di Ruang Laboratorium Fiber Optik, Jurusan Teknik Elektro, Kampus 2 PNUP. Acara tersebut dihadiri oleh Pak Direktur, Wakil Direktur 1, beberapa undangan dosen dan staf dari Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia, serta mitra kerjasama PT Telkom Akses Makassar.

PT. Telkom Akses telah menjalin kerja sama dengan PNUP dan kali ini kembali menawarkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pelaksanaan kelas khusus bagi karyawan PT Telkom Akses berbasis Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Hal ini bertujuan agar karyawan mereka yang masih merupakan alumni jenjang SMA/SMK dapat melanjutkan pendidikannya atau memiliki penyetaraan kesarjanaannya (D3/D4) di PNUP.

Koordinator Program Studi Diploma 4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) Jurusan Teknik Elektro, Sirmayanti, S.T., M.Eng., Ph.D., menyampaikan bahwa PNUP telah sukses menyelesaikan serangkaian program-program Competitive Fund Vokasi (CFV) batch 2 tahun 2023. Terkhusus bagi prodi TRJT, terdapat 5 aktivitas yang telah selesai dilaksanakan didalam dua ruang lingkup kegiatan utama yakni Penguatan Tata Kelola & Kemitraan dan Peningkatan Kualitas & Inovasi Pembelajaran. Salah satu ruang aktivitas ruang lingkup Peningkatan Kualitas & Inovasi Pembelajaran inilah terbentuk wahana baru sarana pengembangan peralatan pembelajaran mendukung terciptanya produk unggulan dalam bentuk Lab Terpadu Fiber Optik. Lab terpadu ini memang bertujuan sebagai wadah sistem pembelajaran berbasis produk unggulan yang terkait dengan teknologi fiber optik. “Sebagaimana harapan kami bahwa prodi TRJT ini dibangun dengan spesifikasi keunggulannya dalam pengembangan keterampilan dan praktik rekayasa jaringan telekomunikasi Fiber Optik dan komunikasi radio & komputer, khususnya pada kawasan pendidikan tinggi vokasi wilayah Indonesia Timur,” demikian penyampaiannya dalam pembukaan peresmian Lab FO ini. 

Rani Syarif, perwakilan GM PT Telkom Akses Sulbagsel menyatakan kebanggaannya atas kontribusi kemitraan dan kerja bersama PT Telkom Akses terhadap PNUP dengan membantu mendirikan Laboratorium Fiber Optik yang akan berguna bagi kedua belah pihak. Dia juga mengungkapkan harapannya untuk kerja sama yang lebih erat di masa depan termasuk pengadaan kelas khusus untuk karyawan PT Telkom Akses dan ketersediaan bantuan terkait teknologi serat optik lainnya.

Ir. Ilyas Mansur, M.T., Direktur PNUP, mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam mencapai kesuksesan ini. Beliau menyambut baik tawaran kerja sama dari PT Telkom Akses Sulbagsel terkait rencana kelas khusus dan menegaskan kesiapannya untuk mendukung rencana program tersebut. Ilyas Mansur juga berharap agar laboratorium ini terus berkembang dan menjadi pionir bagi jurusan lainnya.

Selain itu, mahasiswa Prodi D4 TRJT telah berencana untuk menjalankan aktivitas Project Based Learning (PBL) bekerja sama dengan Telkom Akses, memungkinkan mereka untuk melakukan praktik lapangan di Telkom Akses setelah melakukan analisis di Laboratorium Fiber Optik PNUP.