English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Politeknik Negeri Ujung Pandang Sosialisasikan Smart Agriculture Menggunakan Agro-Drone di Desa Majannang

22 Aug 2024 - 06:37 WITA · PUBLIC RELATION · 247

Tim Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat dari Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sukses menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Smart Agriculture menggunakan Agro-Drone di Desa Majannang, Kecamatan Somba Opu, Gowa pada 19 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di Masjid SMAN 12 Gowa dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan pemerintah setempat, para petani, kepala sekolah, guru, serta sekitar 120 siswa kelas 12 SMAN 12 Gowa.


Meski cuaca terik, para peserta tetap antusias mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari. Acara dimulai dengan sosialisasi terkait penggunaan Drone dalam bidang pertanian (Agro-Drone), dan pengenalan Program Studi D4 Teknik Mekatronika, Jurusan Teknik Mesin PNUP. Demonstrasi penggunaan drone menggunakan mini drone juga menarik perhatian peserta sebelum memasuki waktu Dhuhur.


Setelah istirahat sholat, kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi penyiraman pestisida pada sawah milik petani menggunakan Agro-Drone. Demonstrasi ini dilakukan oleh tim pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat PNUP dengan didampingi oleh perwakilan masyarakat petani di daerah tersebut.


Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Bapak Drs. Muh. Yusuf, M.M., selaku Kepala Sekolah SMAN 12 Gowa. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangganya bahwa PNUP menjadi salah satu perguruan tinggi yang diidamkan oleh para murid SMAN 12 Gowa. Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Dr. Eng. Akhmad Taufik, S.T., M.T., Sekretaris Jurusan Teknik Mesin PNUP sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Agro-Drone. Dalam sambutannya, beliau mengajak para siswa kelas 12 SMAN 12 Gowa untuk mempertimbangkan Jurusan Teknik Mesin PNUP sebagai pilihan studi setelah lulus dari SMA.


Acara dilanjutkan dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Koordinator Program Studi D4 Teknik Mekatronika, Bapak Paisal S.T., M.T., sebelum memasuki sesi inti kegiatan.


Sesi utama diawali dengan pemaparan materi terkait Program Studi D4 Teknik Mekatronika oleh Bapak Dr. Eng. Abdul Kadir Muhammad, S.T., PGDip., M.Eng., seorang alumnus doktoral dari Ehime University, Jepang. Pemaparan ini disambut antusias oleh para peserta, yang terinspirasi oleh pengalaman dan motivasi yang disampaikan oleh beliau. Dalam sesi ini, Dr. Eng. Abdul Kadir Muhammad menekankan pentingnya belajar dari pengalaman dan dari mereka yang telah lebih dulu sukses.


Sesi berikutnya adalah sosialisasi dan demonstrasi drone. Tiga mini drone diterbangkan secara bersamaan, membawa lembaran kain yang berisi pesan-pesan motivasi. Untuk menjaga semangat peserta, beberapa kuis juga diselenggarakan selama sesi ini.


Setelah rangkaian acara selesai, kegiatan ditutup oleh Bapak Dr. Eng. Abdul Kadir Muhammad, S.T., PGDip., M.Eng., yang berharap agar kegiatan ini memberikan manfaat dan motivasi bagi para peserta untuk bergabung di Program Studi D4 Teknik Mekatronika PNUP.


Sebelum kembali ke Makassar, tim pelaksana PPDM melanjutkan dengan penyiraman pestisida menggunakan Smart Agro-Drone pada sawah di desa setempat. Drone berhasil menyiram pestisida pada tiga petak sawah, menggunakan satu liter cairan campuran pestisida.


"Kami berharap agar alumni Program Studi D4 Teknik Mekatronika Jurusan Teknik Mesin PNUP semakin kreatif dan inovatif dalam memberi manfaat yang luas kepada masyarakat," ujar Dr. Eng. Abdul Kadir Muhammad. Beliau juga menambahkan bahwa ini adalah bukti nyata kontribusi PNUP dalam mencetak generasi emas yang cerdas, baik secara akademik maupun spiritual.

(HumasPNUP)