English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Professor PNUP Meraih Penghargaan Sustainable Development Goal of United Nations dari Elsevier

07 Feb 2024 - 06:36 WITA · 07 Feb 2024 - 14:43 WITA · PUBLIC RELATION · 1,702

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) adalah salah satu perguruan tinggi vokasi terdepan di Indonesia dengan jumlah Professor terbanyak diantara Politeknik se Indonesia. Berbagai capaian telah ditorehkan oleh civitas akademika PNUP baik oleh Dosen maupun oleh mahasiswa.

Diantara raihan yang baru saja ditorehkan dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang, adalah berupa penghargaan Sustainable Development Goal of United Nations (SDG-UN) dari Elsevier kepada Professor Irfan Syamsuddin, PhD. Elsevier adalah penerbit karya akademik dalam bentuk jurnal ilmiah internasional bereputasi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan yang berbasis di Belanda.

Sustainable Development Goals United Nation atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah merumuskan Agenda 2030 berupa kesepakatan pembangunan baru Negara-negara yang tergabung dalam PBB yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDG UN diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”. SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir pada tahun 2015 lalu.

Berkenaan dengan ini, Professor Irfan Syamsuddin, PhD mendapat penghargaan SDG UN dari Elsevier berdasarkan salah satu karya ilmiahnya yang diterbitkan oleh Jurnal ICT Express (Q1) ditahun 2021 yang dinyatakan telah berkontribusi baik dalam memecahkan tantangan dunia dewasa ini yang tercantum dalam Sustainable Development Goal of United Nations.

Menurut Prof Irfan, karya ilmiah yang berjudul " An experimental study of RyO Kit for Covid-19 information sharing in rural islands of Indonesia"  tersebut mulai dikerjakan pada saat awal pandemi Covid-19 melanda di tahun 2020. Ide penelitian ini tercetus setelah melihat kenyataan dan merasakan akan beratnya tantangan hingga ancaman nyawa bagi para tenaga kesehatan di masa pandemi tersebut terutama mereka yang tetap harus berjuang memberikan kesadaran akan bahaya Covid-19 dan layanan kesehatan hingga ke pulau-pulau terpencil yang tidak terjangkau oleh layanan telekomunikasi yang memadai terlebih layanan internet yang sama sekali tidak tersedia.

Berdasarkan konfirmasi email dari Elsevier, penelitan tersebut telah terpilih oleh Elsevier karena memberikan solusi terhadap 2 dari 17 tujuan pencapaian atau Goal dari SDG UN. Kedua SDG tersebut adalah sbb:

a. SDG no 9: Build resilient infrastructure, promote inclusive and sustainable industrialization and foster innovation

b. SDG no 17: Strengthen the means of implementation and revitalize the Global Partnership for Sustainable Development

Memperoleh berita tersebut, Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Ir. Ilyas Mansur, M.T.  menyatakan bahwa sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi di Indonesia, PNUP sangat bersyukur dan berbangga dengan capaian ini, karena lembaga keilmuan dunia selevel Elsevier secara langsung telah memberikan pengakuan pencapaian SDG United Nation kepada Prof Irfan Syamsuddin yang tercatat sebagai salah satu dosen Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Capaian ini menurut beliau adalah capaian internasional yang selaras dengan visi dan misi Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Selanjutnya, secara khusus Kepala Pusat Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Eng. Abdul Kadir  Muhammad, ST., PG., Dipl., M.Eng. menyatakan bahwa ketika sejumlah perguruan tinggi baru saja memulai untuk memetakan target-target roadmap penelitian yang mereka rancang agar sesuai dengan 17 target capaian SDG UN, dengan izin Allah SWT  justru Politeknik Negeri Ujung Pandang telah membuktikan diri dengan adanya penghargaan dari Elsevier atas hasil riset salah seorang civitas akademika PNUP yaitu Prof Irfan Syamsuddin yang juga alumni dari Curtin University - Australia (Master) dan alumni Seoul National University - Korea Selatan (PhD).  Selanjutnya menurut beliau, kesesuaian tujuan penelitian dengan SDG UN adalah salah satu poin penting dewasa ini bagi perguruan tinggi karena menjadi salah satu indikator penting dalam perangkingan perguruan tinggi di level internasional seperti "The QS World University Rankings" dan "Times Higher Education (THE) World University Rankings" .

Di akhir email yang diterima oleh Prof Irfan Syamsuddin, pihak Elsevier menyatakan ucapan selamat sebagai berikut     "Congratulation, your article is linked to the UN SDGs, which help address some of the world's greatest challenges."

Semoga capaian ini memberi semangat kepada para dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang khususnya dan para dosen di seluruh Indonesia untuk terus berinovasi dengan ide-ide penelitian yang berdampak positif kepada masyarakat luas.