English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Evaluasi dan Pembahasan Tindak Lanjut Implementasi CEMS Berbasis TKDN 40% di PLTU Pacitan

16 Feb 2024 - 02:55 WITA · 16 Feb 2024 - 14:19 WITA · PUBLIC RELATION · 909

Pada tanggal 15 Februari 2024, di ruang rapat lantai 2 gedung direktorat kampus 1 PNUP, telah dilangsungkan kegiatan evaluasi dan pembahasan tindak lanjut implementasi CEMS (Continuous Emissions Monitoring System) berbasis TKDN 40% di PLTU Pacitan.

Perwakilan dari PT PLN Nusantara Power, khususnya PLTU Pacitan, Wahyu, menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan kolaborasi yang sangat baik di bidang teknologi development. Beliau menyampaikan apresiasi atas kemampuan tim peneliti PNUP utk membuat CEMS dgn persentasi TKDN 40%  dengan tingkat hasil pengukur emisi yg sangat presisi berdasarkan  data validasi yg telah dilakukan pada site PLTU Pacitan. beliau juga menyampaikan pinangan kepada PNUP untuk mengikutkan produk penelitian ini sebagai produk inovasi  PT PLN Nusantara Power kerjasama Tim peneliti CEMS PNUP. Karya penelitian ini  adalah bukti peran  kompetensi dan keunggulan yang SDM PNUP miliki, serta mengungkapkan harapannya untuk menjalin kerjasama yang kuat dalam menciptakan inovasi baru di bidang ketenagalistrikan. Wahyu juga mengucapkan terima kasih atas jamuan makanan khas Makassar, Coto,Sop Saudara,ikan bakar dan pisang ijo yang disajikan.

Mantan Wakil Direktur 3 Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi periode 2018-2022, Fajar, S.T., M.Eng., selaku Ketua Tim Peneliti Implementasi CEMS Berbasis TKDN 40% pada PT PLN Nusatara Power site PLTU Pacitan, mengucapkan terimakasih atas penugasan dan  dukungan maksimal dari  pimpinan PNUP pada  penelitian ini. Penelitian ini mendapatkan apreasiasi yang besar dari PT PLN NP karena ini merupaka n problem solving atas kewajiban industri untuk melakukan pengukuran emisi swcara kontinyu dan real time yang terintegrasi dengan website kementerian lingkungan hidup yang mana jenis  peralatan CEMS yg dipakai diindonesia swmuanya masih di import sehigga produk ini akan di usulkan utk mendapatkan sertifikasi TKDN 40% dari kementerian perondustrian dan perdagangan oleh PT PLN NP. Harapan kita  kelak CEMS hasil penelitian ini dapat menggantikan produk import yang dipakai di indonesia. Hasil penelitian ini dapat memberi  Manfaat secara langsung pada mahasiswa , produk penelitian produk berupa  CEMS ini kelak akan dipesan oleh PT PLN NP dan perusahaan lainnya  sehingga saat PNUP memproduksinya dapat melibatkan mahasiswa dalam bentuk PROJECT BASED LEARNING. Tantangan dalam penelitian ini karena adanya  pemotongan anggaran oleh Kementerian Keuangan sekira  40an% dari rencana awal dan adanya kendala administrasi lainnya.

Wakil Direktur 1 PNUP, Rusdi Nur, S.ST., M.T., Ph.D., menyampaikan rasa syukur atas kolaborasi dengan PLTU Pacitan, berharap agar kerjasama ini tidak hanya mempererat hubungan tetapi juga memberikan dampak positif yang saling menguntungkan dan membuka peluang untuk kerjasama di masa mendatang.