English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Bersama Kepala SMK/SMA/MA Adakan Sospro SNPMB 2024 di Kab. Bone

19 Feb 2024 - 05:00 WITA · 19 Feb 2024 - 16:51 WITA · PUBLIC RELATION · 719

Bertempat di Aula SMAN 1 Bone, pada hari Jumat, 16 Februari 2024, telah dilaksanakan acara sosialisasi & promosi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang bertujuan untuk memperkenalkan program studi dan memotivasi masyarakat sekitar untuk mendaftar di Politeknik Negeri tersebut.

Dalam sambutannya, Kasi SMA & Fasilitasi P3DMT Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Kabupaten Bone, Shabiel Zakaria, S.Pd., M.Pd., turut menyampaikan rasa terima kasih kepada SMAN 1 Bone atas kerjasama dalam menyelenggarakan sosialisasi & promosi SNPMB tahun 2024 PNUP. Beliau juga mengapresiasi perjuangan Ibu Dr. Mahyati dalam menghidupkan kembali Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) PNUP di Kabupaten Bone. Shabiel juga mengungkapkan bahwa Kab. Bone begitu seksi karena menjadi incaran banyak perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta karena potensi besar di Kabupaten Bone sebagai tempat strategis bagi pendirian perguruan tinggi dengan jumlah siswa dan alumni yang mencapai ribuan, namun juga dihadapkan pada tantangan tertentu.

Di sisi lain, Wakil Direktur 3 PNUP, Adam Rasid, S.Sos., M.Si., menyampaikan rasa terima kasih kepada para kepala sekolah, guru, dan siswa se-Kabupaten Bone yang hadir dalam acara tersebut. Beliau juga memperkenalkan Ibu Dr. Mahyati, S.T., M.Si., yang telah menggagas kembali PSDKU PNUP di Kabupaten Bone. Adam Rasid menegaskan komitmen PNUP untuk menghidupkan kembali dan menjalankan PSDKU PNUP di Kabupaten Bone, serta berjanji untuk mempertahankan keberadaannya. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah mengarahkan para pemangku kepentingan untuk mendaftar di PNUP dengan tim yang siap membantu proses pendaftaran.

Meskipun pada tahun sebelumnya PNUP tidak menerima mahasiswa baru karena dampak pandemi COVID-19 dan perubahan kepemimpinan, PNUP berharap dapat kembali aktif dan menerima mahasiswa baru. Politeknik ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Indonesia, khususnya yang berdomisili di Bone. Adapun Prodi yang tersedia adalah D3 Administrasi Bisnis, D3 Teknik Sipil, dan D3 Teknik Kimia Mineral.

Adam Rasid juga menjelaskan perbedaan antara universitas dan politeknik, di mana politeknik menekankan pada praktik lebih dari teori dengan perbandingan 40% teori dan 60% praktik.

Kegiatan sosialisasi & promosi ini dilaksanakan agar seluruh siswa dapat memperoleh informasi terkait proses SNPMB Tahun 2024 baik jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Jalur Mandiri bersama PNUP serta KIP-Kuliah. Dengan informasi dan akses itu para calon mahasiswa dapat memilih benar-benar program studi yang diminati sesuai keinginannya. Sebagai informasi pelaksanaan SNPMB Tahun 2024 diawali dengan registrasi melalui portal https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Sedangkan bagi pendaftar SNPMB 2024 dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP- Kuliah melalui https://puslapdik.kemdikbud.go.id
Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat, khususnya para pemuda Bone untuk memanfaatkan kesempatan pendidikan yang ada di PNUP dan mendukung pengembangan PSDKU PNUP di Kab. Bone.