English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Prodi D-3 Perawatan Alat Berat PNUP Gelar Pelatihan Operator Excavator untuk Kelompok Pemuda Mangempang

29 Jul 2024 - 03:19 WITA · 29 Jul 2024 - 11:26 WITA · PUBLIC RELATION · 606

Program Studi D-3 Perawatan Alat Berat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pelaksanaan program pelatihan operator alat berat, khususnya excavator. Program kemitraan kepada masyarakat (PKM) ini menjadi salah satu program andalan yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh prodi perawatan alat berat.


Pada kesempatan kali ini, pelatihan operator excavator diselenggarakan bekerja sama dengan "Kelompok Pemuda Mangempang," sebuah kelompok pemuda di daerah Moncongloe, Maros, yang menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan akses dan keterampilan dalam mengoperasikan alat berat. Keterbatasan ini menjadi hambatan bagi mereka untuk bersaing di pasar kerja, terutama di sektor tambang galian dan pertanian yang sangat membutuhkan penggunaan alat berat seperti excavator.


Tim PKM yang terdiri dari para dosen dan PLP alat berat, yaitu Muhammad Iswar, S.ST.,M.T., Peri Pitriadi, S.ST.,M.T., Ahmad, S.T., M.T.,Ph.D, Muh. Iqbal M, S.T.,M.Eng., Asnawir, S.T., bersama dengan beberapa mahasiswa alat berat yaitu Wahyu Syam, Muhammad Syahrul, dan Brayen Jordan Riwu, memberikan pelatihan intensif kepada anggota Kelompok Pemuda Mangempang. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan baru yang diperlukan untuk menjadi operator excavator yang terampil, membuka peluang kerja yang lebih luas, dan meningkatkan potensi pendapatan mereka.


Salah satu peserta pelatihan menyampaikan rasa terima kasihnya, "Kami sangat berterima kasih kepada tim PKM dan PNUP atas terlaksananya pelatihan ini. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan sehingga keberadaan PNUP sangat terasa dalam memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya."


Melalui program pengabdian ini, PNUP tidak hanya berkontribusi dalam peningkatan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat sekitar, tetapi juga memperkuat hubungan dengan komunitas lokal, menjadikan kehadiran PNUP semakin bermakna dan bermanfaat bagi semua.
(HumasPNUP)